Rabu, 16 Maret 2011

Adab - Adab Bermajelis :
  1. Mulailah majelis dengan membaca “Basmalah”. “Tiap-tiap amal yang tidak diawali dengan basmalah terputus dari Allah”(Al Hadist)
  2. Berlapang-lapang dalam majelis.
  3. Tinggi suara disesuaikan dengan kebutuhan pendengar yaitu 20 - 20.000 Hz.
  4. Mendengar dan memperhatikan setiap ucapan/pembicaraan, terutama bila dibacakan ayat-ayat Al-Qur’an.
  5. Kurangi berdebat dan terlalu banyak bertanya.
  6. Jangan tinggalkan majelis tanpa izin pemimpin majelis.
  7. Jangan mendahului Allah dan Rasul-Nya dalam mengambil keputusan dan upayakan sesuai dengan opsi rujukan (Alqur'an - Hadist- ij'timak).
  8. Larangan memperbanyak tertawa.
  9. Tidak rasan2

Menjaga Kebiasaan Baik Akhlaq


Kebiasaan baik dari akhlaq kita harus kita jaga sebaik - baiknya, jangan sampai malah kita terwarnai dengan hal - hal buruk di sekitar kita. Karena kalo qta tidak mengusahakan yang terbaik buat diri kita maka yang kita dapatkan sebanding apa yang kita usahakan.
Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Ar-Ra’du ayat 11:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Kebiasaan yang baik harus dijaga, sehingga mengendap dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari diri kita sendiri. Karena bisa jadi, jika tidak bisa memelihara kebiasaan yang baik secara konsisten, akan dapat berubah menjadi sebaliknya.

Ada dua faktor yang dapat menjadikan kita, dapat memelihara kebiasaan baik atau tidak, yaitu :

1. Faktor internal, berupa nafsu, keimanan yang turun dan naik (QS. As-Syam). Kita sebagai manusia berpeluang berbuat salah, “Setiap anak cucu Adam memungkinkan berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang bertaubat”.(Hadit Nabi)

2. Faktor eksternal, berupa iblis dan anak buahnya yang siap untuk menggoda manusia agar tidak bisa berbuat baik atau—bila telah berbuat baik—manusia tidak dapat membiasakannya.

Semoga kita dapat menjaga kebiasaan yang baik, dan terus memeliharanya, sehingga menjadi akhlaq yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar