Rabu, 12 April 2017

SAATNYA BERBENAH DIRI MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1438 H

Hari ini, Rabu tanggal 12 April 2017,
Tidak terasa 44 hari lagi tibalah bulan yang di tunggu,
Bulan yang penuh dengan kebarokahan,
Bulan yang penuh dengan ampunan,
yaitu bulan Ramadhan.....

Aku rindu dengan bulan kemenangan,
Aku rindu dengan bulan yang penuh kemuliaan,
Aku rindu dan berharap bisa berjumpa dengan bulan ramadhan,
Untuk memberikan yang terbaik untuk menyambutnya....


"Alloohumma baariklanaa fii Rojaba wa Sya'ban, waballighnaa Romadhon"

Artinya :
 "Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

Adapun ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk menyambutnya di antara yaitu :

1.    Persiapan Ruhiyah (Keimanan)
Persiapan secara keimanan berupa pengendalian diri sejak sekarang untuk tidak melakukan maksiat, seperti menjaga pandangan, menjaga hati, dan lain-lain. Semoga dengan kebiasaan untuk menahan diri pada bulan Sya’ban, akan memudahkan kita menahan diri di bulan Ramadhan sehingga ibadah shaumnya jadi sempurna. Adapun persiapan ruhiyah lain yang perlu disiapkan yaitu dengan memperbanyak ibadah kita baik sholat wajib berjamaah di masjid, sholat qiyaum lail, sholat dhuha, dan ibadah sunnah lainnya.

2.    Persiapan Jasadiyah (Jasmani)
Ramadhan adalah bulan ketika kita melakukan kebaikan maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat, ibadah sunnah akan mendapatkan pahala wajib dan pahala ibadah wajib berlipat-lipat, sangat disayangkan ketika tiba bulan Ramadhan dan kita dalam kondisi sakit, maka kita tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pahala yang berlipat. Persiapan fisik bisa dilakukan dengan cara berolah raga secara rutin serta sudah membiasakan diri dengan shaum sunnah.

3.    Persiapan Tsaqafiyah (Keilmuan)
Rasulullah saw, bersabda:”Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama/contoh) kami, maka ibadah tersebut tertolak” (HR. Muslim).
Memahami tata cara ibadah yang benar, membawa kita meraih pahala, karena apabila suatu aktifitas ibadah tidak ditunjang dengan pengetahuan yang baik, maka ibadahnya akan tertolak atau tidak mendapatkan pahala sama sekali. Persiapan ilmu ini bisa didapat dengan cara membaca atau menghadiri majelis taklim yang membahas tentang Ramadhan/Shaum.

4.    Persiapan Maaliyah (harta)
Persiapan harta yang dimaksud bukanlah persiapan harta untuk buka puasa, tetapi adalah untuk sedekah, karena sedekah di bulan Ramadhan akan mendapat ganjaran yang berlipat-lipat. mulai dari sekarang yuk kita memulai untuk sedekah, supaya kelak ketika bulan ramadhan tiba kita merasa sudah terbiasa untuk mengeluarkan sedekah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar