Selasa, 30 Januari 2018

DELAPAN JENIS REZEKI


Setiap makhluk di dunia telah mempunyai kadar rejekinya masing-masing. Baik hewan maupun manusia telah Allah jamin segala rejekinya.
Berikut jenis-jenis rezeki:

1. Rezeki Yang Telah Dijamin
Janganlah takut akan kekurangan rezeki selama hidup Anda. Karena sang Maha Pemberi rezeki telah menjaminnya dari waktu jauh-jauh sebelum Anda lahir ke dunia yang fana ini.

“Tidak ada satu mahluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya” (Q.S. Huud: 6)

2. Rezeki Karena Usaha
Rezeki memang telah Allah atur dan jamin atas keberadaannya. Namun bukan berarti Anda berdiam diri menunggu sang rezeki datang sendiri kepangkuan Anda. Rezeki tersebut salah satunya akan didapatkan dengan cara ikhtiar dan usaha Anda dalam menjemputnya.

“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya” (Q.S. An Najm (53) ayat 39)

3. Rezeki Karena Bersyukur
Ingatlah bahwa Allah sangat menyukai hambanya yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah dianugrahkan kepadanya. Pada titik itulah hendaknya manusia bersyukur, dengan begitu Allah akan lebih menambah kadar rezeki yang telah diberikan.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu” (Q.S. Ibrahim : 7)

4. Rezeki Tak Terduga
Masih ingat tentang hukum sambal? bahwa kebaikan yang Anda berikan tidak akan langsung mendapat balasannya dari orang yang Anda tolong. Karena bisa saja balasan itu akan Anda terima dari orang dan waktu berbeda. Termasuk dalam hal ini masalah rezeki.

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya” (QS. At Thalaq: 2)

5. Rezeki Karena Istighfar
Salah satu yang menghambat datangnya rezeki adalah dosa. Dengan memohon ampun dan istighfar, tentulah Allah akan membuka pintu rezeki yang telah tertutup sebelumnya.

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta” (QS. Nuh: 10-11)

6. Rezeki Karena Menikah
Jelas, menyatukan dua buah hati menjadi satu dalam sebuah ikatan suci tentunya juga menggabungkan rezekinya masing-masing menjadi satu rezeki lainnya.

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kemapanan kepada mereka dengan karunia-Nya.” (QS. an-Nur: 32)

7. Rezeki Karena Anak
Ada yang mengatakan bahwa banyak anak maka akan banyak rezeki. Dan Islam menjawabnya, bahwa saat seorang bayi terlahir ke dunia, maka saat itu juga ia membawa rezeki yang telah digariskan dipundaknya

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (QS. al-Isra: 31)

8. Rezeki Karena Sedekah
Sedekah adalah penawar dari kemiskinan Anda. Saat Anda bersedekah maka Allah akan membalasnya dengan balasan sepuluh kali lipat dari rezeki yang Anda keluarkan untuk bersedekah.

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak” (QS. Al Baqarah: 245)

Sumber: satumedia.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar